Usai Viral, PLN Minta Maaf atas Gangguan Listrik di RSUD Torabelo

SIGI, Sararamedia.id - Menanggapi viralnya pemberitaan terkait padamnya listrik di RSUD Torabelo, Kabupaten Sigi, PT PLN (Persero) UP3 Palu menyampaikan permohonan maaf sekaligus klarifikasi. Pihak PLN menegaskan bahwa insiden tersebut bukan disebabkan oleh pemutusan sepihak karena tunggakan, melainkan murni akibat gangguan teknis pada jaringan distribusi.

Sebelumnya, pada Selasa 29 April 2025 pukul 09.00 WITA, PLN telah mengirimkan pemberitahuan kepada RSUD Torabelo terkait adanya tunggakan tagihan listrik. Namun, padamnya listrik yang terjadi sekitar pukul 13.00 WITA ternyata disebabkan oleh kerusakan pada komponen jaringan (Cut Out) yang menyalurkan listrik ke rumah sakit tersebut.

PLN mencatat bahwa hingga malam hari, tidak ada laporan gangguan yang masuk secara resmi melalui aplikasi PLN Mobile maupun petugas lapangan. Laporan baru diterima pada pukul 20.10 WITA dari perwakilan RSUD Torabelo, Rustam, melalui pesan WhatsApp kepada Asisten Manager Pemasaran PLN UP3 Palu.

Menerima laporan tersebut, PLN langsung mengerahkan tim teknis dari ULP Palu Kota menuju lokasi di Kabupaten Sigi, yang berjarak sekitar 40-50 menit perjalanan. Setelah dilakukan pemeriksaan, tim menemukan adanya gangguan teknis pada jaringan distribusi dan segera melakukan perbaikan. Pada pukul 22.10 WITA, aliran listrik ke RSUD Torabelo berhasil dipulihkan secara penuh.

Direktur RSUD Torabelo, dr. Diah Ratnaningsih, menyampaikan bahwa kejadian ini merupakan bentuk miskomunikasi.

``Kami mengapresiasi respons cepat dari pihak PLN. Ini murni gangguan teknis dan bukan pemutusan layanan. Ke depan, kami berharap koordinasi dapat diperkuat demi menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan,`` ujar Diah diruang kerjanya, Rabu (30/4/2025) waktu setempat.

Direktur juga menyampaikan terima kasih atas itikad baik pihak PLN dengan mengonfirmasi dengan datang langsung ke RSUD Torabelo Sigi.

Menanggapi diatas, Manager PLN UP3 Palu, Yanuar, menyampaikan permohonan maaf kepada manajemen RSUD Torabelo dan masyarakat atas ketidaknyamanan yang terjadi.

``Kami memahami pentingnya pasokan listrik, khususnya di fasilitas kesehatan. PLN akan terus memperkuat komunikasi dan menjaga keandalan pasokan listrik ke seluruh pelanggan, terutama yang bersifat vital,`` tegasnya.

PLN mengimbau seluruh pelanggan untuk menggunakan kanal resmi pelaporan seperti aplikasi PLN Mobile dan Call Center 123 guna memastikan penanganan gangguan yang lebih cepat, akurat, dan profesional. (***)


Comment As:

Comment (0)