Sarara Media
Hari Kedua Re Akreditasi, Tim Survei ASKIN Lakukan Penelusuran Fasilitas Pelayanan PKM Biromaru
Wednesday, 27 Dec 2023 16:00 pm
Sarara Media

Sarara Media

SIGI, Sararamedia.net - Puskesmas Biromaru tengah menjalani proses reakreditasi hari kedua yang dilaksanakan oleh tim surveyor dari Lembaga Akreditasi Klinik Indonesia (ASKIN), Kamis pagi, (28/12/2023).

Kegiatan hari ini dengan agenda, penilaian akreditasi dilakukan penelusuran ke seluruh lokasi fasilitas pelayanan kesehatan, mulai dari loket, apotek, IGD, poli, ruang rekam medis dan lain-lain.

Pertanyaan yang diberikan oleh tim surveyor beragam, mulai dari bentuk pelayanan diapotek apakah sudah menggunakan nomor antrian resep dan penelahaan resep dokter, hingga melihat proses identifikasi pasien dengan benar.

Tim Survei Lembaga ASKIN Klinik Indonesia, dr. Ryzqa, M.Kes mengatakan kegiatan reakreditasi dihari kedua ini untuk memeriksa kelengkapan dokumen serta memastikan kesesuaian dengan sistem pelayanan yang berjalan, sebagaimana yang terdapat dalam Permenkes No. 44 Tahun 2016 tentang Pedoman Manajemen Puskesmas.

``Kita meminta untuk melihat dokumen-dokumen dihari pertama untuk dilengkapi kembali. Selanjutnya kita juga melakukan telusur lapangan, yang pertama  kita melihat dari sisi fasilitas sarana dan pra sarana, apakah memenuhi standar atau tidak. Dari situ kita bisa melihat apakah Standar Operasional Prosedur (SOP) tadi yang ada didokumen yang kita telusur dihari pertama dilaksanakan dan bukan hanya sebatas dokumen saja. Jadi dihari kedua ini kita telusur apakah benar atau tidak bahwa semua pegawai yang ada disini melaksanakan SOP yang sudah mereka tuangkan dalam dokumen-dokumen itu semua,`` ucap dr. Ryzqa.

Dari hasil telusur lapangan yang dilakukan hari ini, kata dr. Ryzqa, nantinya akan dilakukan perbaikan dihari ketiga ketika itu semua ada yang harus diperbaiki.

Selanjutnya pada hari ketiga, selain dilakukan evaluasi terhadap perbaikan hari kedua, pihaknya selaku tim surveyor ASKIN Klinik Indonesia akan melakukan survei turun lapangan seperti di posyandu.

``Jikalau indikator posyandu tidak memenuhi dan ada kendala, maka kami akan evaluasi lagi. Kemudian yang lebih penting lagi adalah keterlibatan lintas sektor. Apakah pihak Puskesmas ini melibatkan masyarakat ataupun tokoh masyarakat lain serta unsur TNI-Polri atau tidak,`` urainya.

Hingga saat ini, pihaknya menilai Puskesmas Biromaru sangat terbuka terhadap masukan-masukan yang diberikan dan langsung menindaklanjuti.

``Alhamdulillah pihak Puskesmas Biromaru kalau kami melihat, kompak dan gesit. Hal ini dibuktikan dengan kerjasama tim yang solid serta berperan aktif``. akuinya.

Selanjutnya nanti hasil dari Akreditasi tersebut akan keluar setelah empat belas hari kerja oleh Kemenkes RI.

Dijelaskan, penilaian akreditasi dapat memacu puskesmas untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan, kemudian akan ditetapkan strata akreditasi puskesmas yang telah memenuhi standar yang telah ditentukan, sehingga terbinanya puskesmas dengan sistem pelayanan, mutu dan kinerja yang baik. (***)