Hadir di Kuliah Umum STIA Panca Marga Palu, Reny Lamadjido Bicara soal Kemiskinan dan Pengangguran

PALU, Sararamedia.id - Calon wakil gubernur Sulteng, dokter Reny A Lamajido hadiri kuliah umum di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Panca Marga Palu, Rabu siang, (4/9/2024) waktu setempat.

Wakil wali kota Palu ini hadir sebagai pembicara tunggal yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa STIA Panca Marga Palu dan mahasiswa lainnya. 

Dihadapan para mahasiswa, Reny memaparkan soal potensi ketenagakerjaan yang dapat menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran di Sulteng. Bagi Reny, pembangunan BLK bertaraf Internasional adalah langkah untuk menaikan kelas tenaga kerja agar dapat bersaing di dunia pekerjaan. 

``Kita berharap sertifikasi ini di jadikan tumpuan bagi calon tenaga kerja agar mereka dapat bersaing. Karena sekarang sertifikasi menjadi kewajiban bagi tenaga kerja,`` kata Reny. 

Ia menjelaskan, besarnya lapangan kerja di Sulteng tidak dibarengi dengan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing. Sehingga, lapangan kerja tersebut diambil oleh tenaga kerja yang berasal dari luar Sulteng. 

``Ini yang harus kita persiapkan kedepan agar kalian semua yang belum sempat kuliah dan mau kerja di bekali dengan sertifikasi kompetensi dan keahlian, begitupun yang kuliah juga kita bekali sertifikasi agar mereka mampu bersaing,`` bebernya. 

Sementara itu, Ketua STIA Panca Marga Palu, Doktor Dewi Cahyawati Abdullah mengatakan, Reny memiliki pemikiran yang soluktif terkait tantangan generasi muda menghadapi Indonesia emas yang menjadi tema kuliah umum ini. 

``Memang keinginan generasi muda adalah bagaimana mereka bisa kerja dan mampu bersaing, tentu dibutuhkan langkah kongkrit untuk menyiapkan itu``. ungkap mantan Kadis Pariwisata Sigi itu. (Gul)


Comment As:

Comment (0)