UIN Datokarama Palu Terima Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

FOTO : Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama Palu, Doktor Hamka. (Dok/Hadjidji)

PALU, Sararamedia.net - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu mulai membuka penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri bagi generasi muda di Provinsi Sulteng dan sekitarnya yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang strata satu.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama Palu, Doktor Hamka mengemukakan bahwa, penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri terbagi dalam dua tahap.

Doktor Hamka menjelaskan, tahap pertama dilaksanakan mulai tanggal 1 - 30 Juni 2024. Tahap pertama, diperuntukan bagi calon pendaftar/generasi muda alumni SLTA sederajat di Provinsi Sulteng, yang telah lulus/menamatkan pendidikan tingkat SLTA sederajat tiga tahun yang lalu.

``Generasi muda yang telah lulus SLTA sederajat tiga tahun yang lalu atau tahun akademik 2020/2021 dapat mendaftar di tahap pertama penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri,`` ucap Doktor Hamka di Palu, Rabu siang, (5/6/2024) waktu setempat.

Para alumni SLTA sederajat yang telah selesai menempuh pendidikan tingkat SLTA tiga tahun yang lalu, secara otomatis tidak dapat mendaftar masuk perguruan tinggi jalur UMPTKIN dan jalur SPAN.

Namun, mereka dimungkinkan untuk mendaftar pada jalur mandiri khususnya pertama. Akan tetapi, 
mereka hanya dapat mendaftar pada prodi keagamaan. 

``Mereka hanya bisa mendaftar di program studi yang dinaungi langsung oleh Kemenag,`` ujarnya.

Para generasi muda yang mendaftar, akan mengiktui tahapan seleksi yang dilaksanakan serentak berbasis online pada tanggal 2 Juli 2024 untuk tahap pertama.

Sementara untuk tahap ke dua penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri, kata Doktor Hamka, terbuka untuk umum.

Yaitu bagi alumni SLTA sederajat yang telah meneatkan pendidikan formal dan ingin melanjutkan studi jenjang strata satu.

`Mereka juga bisa mendaftar di semua program studi, termasuk program studi yang dinaungi Kementerian Agama maupun program studi yang dinaungi oleh Kemendikbud-Ristek,`` sebutnya.

Untuk pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri tahap ke dua dilaksanakan mulai tanggal 3 - 27 Juli, dan ujian seleksi tertulis dilaksanakan tanggal 28 Juli 2024 berbasis online.

UIN Datokarama memberikan kuota 25 persen beasiswa jalur mandiri. Dengan demikian, seluruh generasi muda di wilayah Sulteng dan sekitarnya yang mendaftar kuliah di UIN Datokarama untuk jalur mandiri, maka sebanyak 25 persen dari total pendaftar akan berhak menerima beasiswa.

Doktor Hamkan menambahkan, penerimaan mahasiswa baru ini disesuaikan dengan ketersediaan sarana atau daya dukung dan daya tampung. 

Target keseluruhan penerimaan mahasiswa baru tahun ini 2.500 orang. (Mat)

 


Comment As:

Comment (0)