Kelurahan Duyu Berhasil Sebagai Kampung Reforma Agraria, Kakanwil ATR/BPN Sulteng: Hasil Sinergi Berbagai Pihak Untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

PALU, Sararamedia.net - Kelurahan Duyu, dengan luas wilayah 6,16 km2 dan jumlah penduduk 5.883 jiwa, telah ditunjuk sebagai kampung reforma agraria dan kampung agrowisata Program Reforma Agraria Kebun Anggur Duyu Bangkit telah berhasil mengembangkan 12 varietas anggur di lahan seluas 1,5 hektar di wilayah tersebut.

Sejak Diumumkan pada tahun 2021 oleh Wali Kota Palu melalui Surat Keputusan Nomor 520/932/Pertanian/2021. Keputusan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi usaha yang ada di wilayah tersebut, termasuk perkebunan anggur seluas 1,5 hektar, pertanian hortikultura, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan melibatkan total 175 Kepala Keluarga (KK).

Masyarakat Kelurahan Duyu, khususnya kelompok tani Duyu Bangkit, telah menerima bantuan dan intervensi dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Diantaranya, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palu, Dinas Pariwisata Kota Palu, Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu, Dinas Koperasi, UMKM, dan Tenaga Kerja Kota Palu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu, Bank Indonesia.

Kepala Kanwil Kementerian ATR/BPN Provinsi Sulawesi Tengah Freddy A. Kolintama, menyebutkan kegiatan ini sebagai implementasi Perpres 62 tahun 2023 yang bertujuan untuk mewujudkan reforma agraria guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia juga menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah, instansi terkait, dan stakeholder dalam upaya tersebut. kerjasama antara berbagai pihak di Kelurahan Duyu adalah contoh nyata sinergi dalam pelaksanaan reforma agrarian. Dengan adanya penetapan Kelurahan Duyu sebagai kampung reforma agraria dan agrowisata, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan potensi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.

"Salah satu contoh, kita berada di Kampung Reforma Agraria Kelurahan Duyu, ini adalah bentuk kerjasama sinergi beberapa pihak pemerintah daerah, dinas terkait, kemudian Kementerian ATR/BPN, dan di sini juga ada pihak Bank Indonesia." Ungkap Freddy A. Kolintama saat bertemu awak media dalam kegiatan Gerakan Sinergi Reforma Agraria di Kebun Anggur Duyu Bangkit, Kelurahan Duyu (22/4/2024).

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Kantor Pertanahan Kota Palu bersama Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Tengah, Pemerintah Kota Palu dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Palu serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palu yang mewakili OPD-OPD terkait melakukan pembacaan deklarasi Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional disertai dengan simbolis penggabungan puzzle dan di akhiri dengan melakukan panen buah anggur secara bersama-sama.


Comment As:

Comment (0)